Belajar Rambu-rambu Lalu Lintas - Sajadahku, Masjidku

6.2.07

Belajar Rambu-rambu Lalu Lintas


Pada acara pertemuan di sekolah Mas Gangga, diuraikan agenda kegiatan selama semester genap ini. Salah satunya agenda di bulan ini adalah Lomba Balita Cerdas, dan untuk usia Mas Gangga yang empat tahun lebih dikit salah satunya adalah Reli Sepeda. Dia langsung antusias, tapi saya bilang sama Mas Gangga relinya tidak untuk balapan nyampe, tapi untuk belajar rambu-rambu lalu lintas. Boleh juga lomba ini pikirku. Pas lagi on the way, kesempatan untuk belajar rambu-rambu ama Mas Gangga. Kurang lebih dialognya gini, :
“Kalo lampu merah artinya apa Mas?”pas kita berhenti di lampu merah
“Ya, berhenti,”jawabnya pede. “Good,”jawabku.
“Kalo lampu kuning boleh jalan nggak?” terusku. “Ya boleh, tapi harus hati-hati!” jawabnya. “Sip,”jawabku. Kalau hijau emang dia udah tau, boleh jalan.
Pas di depan Delta Plaza ada rambu-rambu S dicoret, Ayahnya nerangin bla-bla-bla. Trus ada huruf P dicoret, trus apa artinya kalau gak dicoret, n so on. Dengan praktek langsung dijalan, hasilnya lumayan, dengan satu kali jalan dia sudah banyak yang hapal. Saking senengnya setiap dijalan ada rambu-rambu pasti ditanyain ke Mas Gangga. Dan dengan senang hati dia menjawab. Padahal biasanya kalo berbau belajar gitu dia suka bosen. Pas di jalan Urip Sumoharjo jalan agak macet karena ada Pasar Keputran yang parkirnya agak tumpah ke jalan raya, ada rambu-rambu P dicoret, “Nah kalo itu artinya apa Mas?” tanyaku. “Dilarang emm Parkir!” jawabnya mantap, tapi saking asyiknya kita nggak liat kalo dibawah rambu-rambu itu berjejer sepeda motor yang diparkir. Begitu sadar, dalam hati aku berkata semoga Mas Gangga nggak liat. Tapi belum selesai aku mbatin, terdengar suaranya
“Tapi kok banyak sepeda motor yang parkir di situ? Kenapa Ayah?” Nah kena kau?!
“Yah…itu contoh yang nggak bener Mas, mestinya gak boleh parkir disitu.”jawab Ayah dengan agak manyun.
“Kok nggak ditangkap Pak Polisi?”tanyanya lagi, kayaknya dia belum puas.
Nah lo?!!Gimana nih Pak Polisi?

Ahad, 4Februari 2007
Dalam sebuah perjalanan usai menjenguk sahabat yg sedang berjuang melawan Ca Mamma stadium 4
.

No comments: